Header Ads

01 Konsep Dasar Media Interaktif


DASAR MEDIA INTERAKTIF

A.      Kompetensi Dasar
3.1.   Memahami konsep multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
4.1. Mendemontrasikan konsep multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif

B.      Definisi Multimedia Interaktif
Secara etimologis multimedia berasal dari bahasa Latin, yaitu dari kata “multi”yang berarti banyak; bermacam-macam dan “medium” yang berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu.



Beberapa definisi multimedia menurut beberapa ahli diantaranya:
1.      Sesuai dengan pendapat Vaughan (1994: 4) multimedia adalah “berbagai kombinasi dari teks, grafik, suara, animasi, dan video yang disampaikan dengan menggunakan komputer atau alat elektronik lainnya”.
2.      Rada (1995) berpendapat bahwa “multimedia merujuk ke perpaduan/sinkronisasi aliran media (any synchronized media stream)”.  Sebagai contoh dari multimedia adalah gambar bergerak yang sinkron dengan suara (termasuk siaran televisi dan film modern) (Green & Brown, 2002: 2).

3.      Heinich, Molenda, Russell & Smaldino (1999: 229) berpendapat, “multimedia merujuk kepada berbagai kombinasi dari dua atau lebih format media yang terintegrasi kedalam bentuk informasi atau program instruksi”.

Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut maka dapat disimpulkan bahwa multimedia merupakan perpaduan antara berbagai media (format file) yang berupa teks, grafik, audio, dan interaksi dan digunakan untuk menyampaikan pesan/informasi dari pengirim ke penerima pesan/informasi.

Multimedia sendiri terbagi menjadi dua kategori yaitu
1.      Multimedia linear adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan), contohnya: TV dan film
2.      Multimedia interaktif. adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Contoh multimedia interaktif adalah: Aplikasi game dan CD interaktif.
Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan, apabila pengguna mendapatkan keleluasaan dalam mengontrol multimedia tersebut, maka hal ini disebut multimedia interaktif. Karakteristik terpenting dari multimedia interaktif adalah siswa tidak hanya memperhatikan media atau objek saja, melainkan juga dituntut untuk berinteraksi selama mengikuti pembelajaran.
Multimedia interaktif menggabungkan dan mensinergikan semua media yang terdiri dari: a) teks; b) grafik; c) audio; dan d) interaktivitas (Green & Brown, 2002: 2-6).
a)    Teks

      Teks adalah simbol berupa medium visual yang digunakan untuk menjelaskan bahasa lisan. Teks memiliki berbagai macam jenis bentuk atau tipe (sebagai contoh: Time New Roman, Arial, Comic San MS), berbagai macam ukuran dan wana. Satuan dari ukuran suatu teks terdiri dari length dan size. Length biasanya menyatakan banyaknya teks dalam sebuah kata atau halaman. Size menyatakan ukuran besar atau kecil suatu huruf. Standar teks memiliki size 10 atau 12 poin. Semakin besar size suatu huruf maka semakin tampak besar ukuran huruf tersebut.
b)    Grafik


    Grafik adalah suatu medium berbasis visual. Seluruh gambar dua dimensi adalah grafik. Apabila gambar di render dalam bentuk tiga dimensi (3D), biasanya tetap disajikan melalui medium dua dimensi. Hal ini termasuk gambar yang disajikan lewat kertas, televisi ataupun layar monitor. Grafik bisa saja menyajikan kenyataan (reality) atau hanya berbentuk ikonik. Contoh grafik yang menyajikan kenyataan adalah foto, dan contoh grafik yang berbentuk ikonik adalah kartun seperti gambar yang biasa dipasang dipintu toilet untuk membedakan toilet laki-laki dan perempuan.
c)     Gambar


    terdiri dari gambar diam dan gambar bergerak. Contoh dari gambar diam yaitu foto, gambar digital, lukisan, dan poster. Gambar diam biasa diukur berdasarkan size (sering disebut juga canvas size) dan resolusi. Contoh dari gambar bergerak adalah animasi, video dan film. Selain bisa diukur dengan menggunakan size dan resolusi, gambar bergerak juga memiliki durasi.
d)    Audio
  Audio atau medium berbasis suara adalah segala sesuatu yang bisa didengar dengan menggunakan indera pendengaran.  Contoh: narasi, lagu, sound effect, back sound.

e)    Video
Video merupakan sumber yang kaya dan hidup untuk aplikasi multimedia. Dengan video dapat menerangkan hal-hal yang sulit digambarkan lewat teks atau gambar diam. Isi video lebih realistik dibanding animasi, tetapi video membutuhkan tempat penyimpanan yang besar. Video digital kini menjadi komponen multimedia yang populer karena mudah diolah oleh komputer. Video digital membutuhkan persyaratan perangkat keras komputer yang tinggi dalam hal prosesor dan memory serta periperal pendukung
f)      Interaktivitas

        Interaktivitas bukanlah medium, interaktivitas adalah rancangan dibalik suatu program multimedia. Interaktivitas mengijinkan seseorang untuk mengakses berbagai macam bentuk  media atau jalur didalam suatu program multimedia sehingga program tersebut dapat lebih berarti dan lebih memberikan kepuasan bagi pengguna. Interaktivitas dapat disebut juga sebagai interface design atau human factor design.

Interaktivitas dapat dibagi menjadi dua macam struktur, yakni struktur linear dan struktur non linear. Struktur linear menyediakan satu pilihan situasi saja kepada pengguna sedangkan struktur nonlinear terdiri dari berbagai macam pilihan kepada pengguna.

Selain itu, Green & Brown (2002: 3) menjelaskan terdapat beberapa metode yang digunakan dalam menyajikan multimedia, yaitu:
1.      Berbasis kertas (Paper-based), contoh: buku, majalah, brosur;
2.      Berbasis cahaya (Light-based), contoh: slide shows, transparasi;
3.      Berbasis suara (Audio-based), contoh: CD Players,  tape recorder, radio;
4.      Berbasis gambar bergerak (Moving-image-based), contoh: televisi, VCR (Video cassette recorder), film; dan
5.      Berbasiskan digital (Digitally-based), contoh: komputer.

C.      Manfaat Multimedia Interaktif
Media interaktif memiliki banyak manfaat dalam semua bidang kehidupan manusia,mulai dari bidang pendidikan,kesehatan,bisnis,teknik,komunikasi bahkan hiburan.
1.     Bidang pendidikan
Bidang pendidikan merupakan salah satu bidang utama yang mendapat manfaat dari teknologi multimedia interaktif. Hal ini tampak dari berbagai aplikasi yang digunakan dalam bidang pendidikan,seperti e-learning,e-book,dan e-training.
Multimedia sangat membantu dalam dunia pendidikan disebabkan oleh beberapa faktor berikut.
a.     Multimedia dapat menampilkan objek biologi yang sangat kecil, seperti kuman, bakteri, dan mikroorganisme lainnya untuk dapat dilihat dan dipelajari.
b.     Multimedia dapat menampilkan objek yang sangat besar dan jauh seperti planet,sistem tata surya,bentuk gunung,dataran tinggi,dan lain sebagainya.
c.     Multimedia dapat menampilkan animasi dari objek yang bergerak.
d.     Multimedia dapat menambah daya tarik siswa untuk mengamati berbagai objek.

Adapun keuntungan dan manfaat multimedia interaktif di bidang pendidikan sebagai berikut.
a.     Multimedia dappat membantu siswa dalam mengingat dan mengerti pelajaran.
b.     Multimedia menyampaikan isi pelajaran dengan canggih dan berkesan.
c.     Multimedia dapat menampilkan dan memberikan pengetahuan secara teks maupun gambar animasi tentang objek-objek yang sulit kepada siswa.
d.     Multimedia mampu menunjukkan dunia sekitar yang kaya dengan ilmu pengetahuan.
e.     Multimedia dapat membantu siswa menjadi tertarik pada pelajaran,sehingga proses belajar siswa tidak membosankan.
f.       Multimedia dapat membuat siswa menjadi lebih aktif,baik dengan guru maupun dengan siswa lain.
Ada berbagai model multimedia interaktif yang digunakan untuk tujuan pendidikan dan pembelajaran, misalnya tutorial, drill and practice, simulasi, dan instructional games.
2.     Bidang kesehatan
Pada bidang kesehatan, multimedia interaktif digunakan sebagai media bagi dokter untuk melihat ataupun melakukan simulasi virtual operasi, serta mengembangkan teknik yang sesuai untuk mencegah terjadinya penyakit menular oleh virus dan bakteri.
3.     Bidang bisnis dan pemasaran
Multimedia interaktif mempunyai peranan penting dalam bidang bisnis, karena dapat digunakan sebagai media promosi.
Multimedia interaktif memiliki kelebihan untuk menarik minat calon pembeli, karena gabungan antara pandangan, suara, dan gerakan. Adapun contoh aplikasi multimedia pada bidang bisnis adalah e-commerce dan m-commerce.
4.     Bidang teknik
Pada bidang teknik, multimedia dimanfaatkan dalam berbagai aplikasi dan software simulasi yang berbasis teknik. Simulasi yang di gunakan dapat menampilkan objek-objek dua dimensi dan tiga dimensi yaang dapat membantu di bidang teknik industri, teknik mesin, dan teknik sipil.
5.     Bidang transportasi dan komunikasi
Pada bidang transportasi, multimedia digunakan untuk menampilkan sistem navigasi sebuah pesawat atau kapal laut. Pada navigasi kapal laut, multimedia dapat digunakan untuk menentukan koordinat dan arah gerak kapal.
Pada bidang komunikasi, multimedia dimanfaatkan untuk mempermudah manusia bertukar informasi. Pada perangkat mobile seperti smartphone, tablet, dan iphone, sudah banyak menggunakan multimedia khususnya dalam content mobile.
6.     Bidang hiburan
Pada bidang hiburan, teknologi multimedia interaktif dapat menghasilkan permainan yang lebih menarik. Selain itu, multimedia juga digunakan untuk pembuatan film,baik film animasi dua dimensi (2D), tiga dimensi (3D), maupun untuk memperkaya film live shooting denggan karakter, lingkungan, special effect, dan suara yang dihasilkan dan di manipulasi dengan komputer.
7.     Pariwisata
Informasi obyek wisata dapat dikemas menjadi multimedia yang ditampilkan di website ataupun di terminal komputer umum yang sering dijumapi di hotel, bandara, mall, museum, restoran, dan lain-lain. Pemanfaatan multimedia di bidang pariwisata bisa dalam bentuk : Peta Turis, Travel, Seni Pertunjukkan.
8.     Rumah Tangga
Pemanfaatan multimedia dalam rumah tangga bisa dalam bentuk CD memasak, berkebun, senam, keterampilan

D.      Authoringtools
Dalam membuat multimedia interaktif kita bisa memanfaatkan beberapa tools yang tersedia. Multimedia Authoring Tools atau alat penyusun multimedia adalah paket perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengembangkan sebuah multimedia. Authoring Tools menyediakan lingkungan terintegrasi untuk menyatukan semua unsur multimedia secara bersama-sama dalam sebuah produksi Multimedia. Beberapa contoh authoring tools diantaranya adalah sebagai berikut :
a.     Berbasis halaman : Microsoft Powerpoint, Adobe Dreamweaver
b.     Berbasis Waktu : Adobe Flash, Macromedia Director
c.     Berbasis Icon : Adobe Authorware






DAFTAR PUSTAKA


- Desain Media Interaktif, Haris Budiawan, S.Pd, Oktavia Hardiyantari, M.Pd, Grasindo, Jakarta, 2019
https://elisernasari.blogspot.com/2019/10/manfaat-multimedia-interaktif-halo.html diakses 20 Juli 2020


================================oooOOOooo================================

"JANGAN LUPA SELALU JAGA KESEHATAN DAN LAKSANAKAN PROTOKOL COVID-19"

"RAIH MASA DEPANMU DENGAN BELAJAR DIMANA SAJA, 
MAU RAJIN-MALAS, MAU PINTAR-BODOH TERGANTUNG DI DIRIMU, 
IN SYAA ALLOH USAHA TIDAK AKAN MENGINGKARI DARI USAHAMU"

SALAM SUKSES


================================oooOOOooo================================

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh enot-poloskun. Diberdayakan oleh Blogger.