01 Konsep Dasar Media Interaktif
DASAR MEDIA INTERAKTIF
A. Kompetensi
Dasar
3.1. Memahami
konsep multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
4.1. Mendemontrasikan
konsep multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
B. Definisi
Multimedia Interaktif
Secara etimologis multimedia berasal dari bahasa Latin, yaitu dari kata “multi”yang
berarti banyak; bermacam-macam dan “medium” yang berarti sesuatu yang dipakai untuk
menyampaikan atau membawa sesuatu.
Beberapa definisi multimedia menurut beberapa ahli diantaranya:
1.
Sesuai dengan pendapat Vaughan (1994: 4) multimedia adalah
“berbagai kombinasi dari teks, grafik, suara, animasi, dan video yang disampaikan
dengan menggunakan komputer atau alat elektronik lainnya”.
2.
Rada (1995) berpendapat bahwa “multimedia merujuk ke perpaduan/sinkronisasi
aliran media (any synchronized media stream)”.
Sebagai contoh dari multimedia adalah gambar bergerak yang sinkron dengan
suara (termasuk siaran televisi dan film modern) (Green & Brown, 2002: 2).
3.
Heinich, Molenda, Russell & Smaldino (1999: 229) berpendapat,
“multimedia merujuk kepada berbagai kombinasi dari dua atau lebih format media yang
terintegrasi kedalam bentuk informasi atau program instruksi”.
Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut maka dapat disimpulkan bahwa multimedia merupakan
perpaduan antara berbagai media (format file) yang berupa teks, grafik, audio, dan
interaksi dan digunakan untuk menyampaikan pesan/informasi dari pengirim ke penerima
pesan/informasi.
Multimedia sendiri terbagi menjadi dua kategori yaitu
1.
Multimedia linear adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi
dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia
ini berjalan sekuensial (berurutan), contohnya: TV dan film
2.
Multimedia interaktif. adalah suatu multimedia yang dilengkapi
dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna
dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Contoh multimedia interaktif
adalah: Aplikasi game dan CD interaktif.
Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan, apabila pengguna mendapatkan keleluasaan
dalam mengontrol multimedia tersebut, maka hal ini disebut multimedia interaktif.
Karakteristik terpenting dari multimedia interaktif adalah siswa tidak hanya memperhatikan
media atau objek saja, melainkan juga dituntut untuk berinteraksi selama mengikuti
pembelajaran.
Multimedia interaktif menggabungkan dan mensinergikan semua media yang terdiri
dari: a) teks; b) grafik; c) audio; dan d) interaktivitas (Green & Brown, 2002:
2-6).
a)
Teks
Teks adalah simbol berupa medium visual yang digunakan untuk menjelaskan bahasa
lisan. Teks memiliki berbagai macam jenis bentuk atau tipe (sebagai contoh: Time
New Roman, Arial, Comic San MS), berbagai macam ukuran dan wana. Satuan dari ukuran
suatu teks terdiri dari length dan size. Length biasanya menyatakan banyaknya teks
dalam sebuah kata atau halaman. Size menyatakan ukuran besar atau kecil suatu huruf.
Standar teks memiliki size 10 atau 12 poin. Semakin besar size suatu huruf maka
semakin tampak besar ukuran huruf tersebut.
b)
Grafik
Grafik
adalah suatu medium berbasis visual. Seluruh gambar dua dimensi adalah grafik. Apabila
gambar di render dalam bentuk tiga dimensi (3D), biasanya tetap disajikan melalui
medium dua dimensi. Hal ini termasuk gambar yang disajikan lewat kertas, televisi
ataupun layar monitor. Grafik bisa saja menyajikan kenyataan (reality) atau hanya
berbentuk ikonik. Contoh grafik yang menyajikan kenyataan adalah foto, dan contoh
grafik yang berbentuk ikonik adalah kartun seperti gambar yang biasa dipasang dipintu
toilet untuk membedakan toilet laki-laki dan perempuan.
c)
Gambar
terdiri dari gambar diam dan gambar bergerak. Contoh dari gambar diam yaitu foto,
gambar digital, lukisan, dan poster. Gambar diam biasa diukur berdasarkan size (sering
disebut juga canvas size) dan resolusi. Contoh dari gambar bergerak adalah animasi,
video dan film. Selain bisa diukur dengan menggunakan size dan resolusi, gambar
bergerak juga memiliki durasi.
d)
Audio
Audio atau medium berbasis suara adalah segala sesuatu yang bisa didengar dengan
menggunakan indera pendengaran. Contoh: narasi,
lagu, sound effect, back sound.
e) Video
Video merupakan sumber yang kaya dan hidup
untuk aplikasi multimedia. Dengan video dapat menerangkan hal-hal yang sulit
digambarkan lewat teks atau gambar diam. Isi video lebih realistik dibanding
animasi, tetapi video membutuhkan tempat penyimpanan yang besar. Video digital
kini menjadi komponen multimedia yang populer karena mudah diolah oleh
komputer. Video digital membutuhkan persyaratan perangkat keras komputer yang
tinggi dalam hal prosesor dan memory serta periperal pendukung
f)
Interaktivitas
Interaktivitas bukanlah medium, interaktivitas adalah rancangan dibalik suatu program
multimedia. Interaktivitas mengijinkan seseorang untuk mengakses berbagai macam
bentuk media atau jalur didalam suatu program
multimedia sehingga program tersebut dapat lebih berarti dan lebih memberikan kepuasan
bagi pengguna. Interaktivitas dapat disebut juga sebagai interface design atau human
factor design.
Interaktivitas dapat dibagi menjadi dua macam struktur, yakni struktur linear dan struktur
non linear. Struktur linear menyediakan satu pilihan situasi saja kepada pengguna
sedangkan struktur nonlinear terdiri dari berbagai macam pilihan kepada pengguna.
Selain itu, Green & Brown (2002: 3) menjelaskan terdapat beberapa metode
yang digunakan dalam menyajikan multimedia, yaitu:
1.
Berbasis kertas (Paper-based), contoh: buku, majalah, brosur;
2.
Berbasis cahaya (Light-based), contoh: slide shows, transparasi;
3.
Berbasis suara (Audio-based), contoh: CD Players, tape recorder, radio;
4.
Berbasis gambar bergerak (Moving-image-based), contoh:
televisi, VCR (Video cassette recorder), film; dan
5.
Berbasiskan digital (Digitally-based), contoh: komputer.
C. Manfaat
Multimedia Interaktif
Media
interaktif memiliki banyak manfaat dalam semua bidang kehidupan manusia,mulai
dari bidang pendidikan,kesehatan,bisnis,teknik,komunikasi bahkan hiburan.
1.
Bidang
pendidikan
Bidang
pendidikan merupakan salah satu bidang utama yang mendapat manfaat dari
teknologi multimedia interaktif. Hal ini tampak dari berbagai aplikasi yang
digunakan dalam bidang pendidikan,seperti e-learning,e-book,dan e-training.
Multimedia sangat membantu dalam dunia pendidikan disebabkan oleh beberapa
faktor berikut.
a.
Multimedia
dapat menampilkan objek biologi yang sangat kecil, seperti kuman, bakteri, dan
mikroorganisme lainnya untuk dapat dilihat dan dipelajari.
b.
Multimedia
dapat menampilkan objek yang sangat besar dan jauh seperti planet,sistem tata
surya,bentuk gunung,dataran tinggi,dan lain sebagainya.
c.
Multimedia
dapat menampilkan animasi dari objek yang bergerak.
d.
Multimedia
dapat menambah daya tarik siswa untuk mengamati berbagai objek.
a.
Multimedia
dappat membantu siswa dalam mengingat dan mengerti pelajaran.
b.
Multimedia
menyampaikan isi pelajaran dengan canggih dan berkesan.
c.
Multimedia
dapat menampilkan dan memberikan pengetahuan secara teks maupun gambar animasi
tentang objek-objek yang sulit kepada siswa.
d.
Multimedia
mampu menunjukkan dunia sekitar yang kaya dengan ilmu pengetahuan.
e.
Multimedia
dapat membantu siswa menjadi tertarik pada pelajaran,sehingga proses belajar
siswa tidak membosankan.
f.
Multimedia
dapat membuat siswa menjadi lebih aktif,baik dengan guru maupun dengan siswa
lain.
Ada berbagai
model multimedia
interaktif yang
digunakan untuk tujuan pendidikan dan pembelajaran, misalnya tutorial, drill
and practice, simulasi, dan instructional games.
2.
Bidang kesehatan
Pada bidang
kesehatan, multimedia interaktif digunakan sebagai media bagi dokter untuk
melihat ataupun melakukan simulasi virtual operasi, serta mengembangkan teknik
yang sesuai untuk mencegah terjadinya penyakit menular oleh virus dan bakteri.
3.
Bidang
bisnis dan pemasaran
Multimedia
interaktif mempunyai peranan penting dalam bidang bisnis, karena dapat
digunakan sebagai media promosi.
Multimedia
interaktif memiliki
kelebihan untuk menarik minat calon pembeli, karena gabungan antara pandangan,
suara, dan gerakan. Adapun contoh aplikasi multimedia pada bidang bisnis adalah e-commerce dan m-commerce.
4.
Bidang
teknik
Pada bidang
teknik, multimedia dimanfaatkan dalam berbagai aplikasi dan software simulasi
yang berbasis teknik. Simulasi yang di gunakan dapat menampilkan objek-objek
dua dimensi dan tiga dimensi yaang dapat membantu di bidang teknik industri,
teknik mesin, dan teknik sipil.
5.
Bidang
transportasi dan komunikasi
Pada bidang
transportasi, multimedia digunakan untuk menampilkan sistem navigasi sebuah
pesawat atau kapal laut. Pada navigasi kapal laut, multimedia dapat digunakan
untuk menentukan koordinat dan arah gerak kapal.
Pada bidang
komunikasi, multimedia dimanfaatkan untuk mempermudah manusia bertukar
informasi. Pada perangkat mobile seperti smartphone, tablet, dan iphone, sudah
banyak menggunakan multimedia khususnya dalam content mobile.
6.
Bidang
hiburan
Pada bidang
hiburan, teknologi multimedia interaktif dapat menghasilkan permainan yang
lebih menarik. Selain itu, multimedia juga digunakan untuk pembuatan film,baik
film animasi dua dimensi (2D), tiga dimensi (3D), maupun untuk memperkaya film live
shooting denggan
karakter, lingkungan, special effect, dan suara yang dihasilkan dan di manipulasi dengan komputer.
7.
Pariwisata
Informasi obyek
wisata dapat dikemas menjadi multimedia yang ditampilkan di website ataupun di
terminal komputer umum yang sering dijumapi di hotel, bandara, mall, museum,
restoran, dan lain-lain. Pemanfaatan multimedia di bidang pariwisata bisa dalam
bentuk : Peta Turis, Travel, Seni Pertunjukkan.
8.
Rumah
Tangga
Pemanfaatan
multimedia dalam rumah tangga bisa dalam bentuk CD memasak, berkebun, senam,
keterampilan
D. Authoringtools
Dalam membuat
multimedia interaktif kita bisa memanfaatkan beberapa tools yang tersedia.
Multimedia Authoring Tools atau alat
penyusun multimedia adalah paket perangkat lunak yang dapat digunakan untuk
mengembangkan sebuah multimedia. Authoring Tools menyediakan lingkungan
terintegrasi untuk menyatukan semua unsur multimedia secara bersama-sama dalam
sebuah produksi Multimedia. Beberapa contoh authoring tools diantaranya adalah sebagai
berikut :
a.
Berbasis
halaman : Microsoft Powerpoint, Adobe Dreamweaver
b.
Berbasis
Waktu : Adobe Flash, Macromedia Director
c.
Berbasis
Icon : Adobe Authorware
DAFTAR PUSTAKA
- Desain Media Interaktif, Haris Budiawan, S.Pd, Oktavia Hardiyantari, M.Pd, Grasindo, Jakarta, 2019
- Desain Media Interaktif, Haris Budiawan, S.Pd, Oktavia Hardiyantari, M.Pd, Grasindo, Jakarta, 2019
================================oooOOOooo================================
"JANGAN LUPA SELALU JAGA KESEHATAN DAN LAKSANAKAN PROTOKOL COVID-19"
"RAIH MASA DEPANMU DENGAN BELAJAR DIMANA SAJA,
MAU RAJIN-MALAS, MAU PINTAR-BODOH TERGANTUNG DI DIRIMU,
IN SYAA ALLOH USAHA TIDAK AKAN MENGINGKARI DARI USAHAMU"
SALAM SUKSES
================================oooOOOooo================================
Tidak ada komentar