Header Ads

06 ESTETIKA DESAIN GRAFIS

 

BAB VI

ESTETIKA DESAIN GRAFIS 

A.    Definisi Estetika

Estetika merupakan sebuah kata yang tidak mudah dijelaskan. Namun, estetika itu sendiri kerap jadi alasan cara mengalami atau menghadapi sebuah karya seni. Indah, bagus, fantastis, merupakan beberapa kata sebagai menjelaskan hadirnya dimensi estetika dalam mengalami perjumpaan dengan suatu karya seni. Di lain pihak, indah, bagus, fantastis, atau estetis itu sendiri tidak mudah dijelaskan. Dalam tulisan ini persoalan seperti tidak mudah dijelaskan akan dihindari. Justru tulisan ini memilih menjelaskan estetika, bukan apa, namun di mana kedudukannya dalam sebuah karya desain komunikasi visual.

Kata estetika berasal dari kata Yunani aesthesis yang berarti perasaan, selera perasaan atau taste.

Dalam prosesnya Munro mengatakan bahwa estetika adalah cara merespon terhadap stimuli, terutama lewat persepsi indera, tetapi juga dikaitkan dengan proses kejiwaan, seperti asosiasi, pemahaman, imajinasi, dan emosi. Ilmu estetika adalah suatu ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan keindahan, mempelajari semua aspek dari apa yang kita sebut keindahan.

Estetika adalah hal yang mempelajari kualitas keindahan dari obyek, maupun daya impuls dan pengalaman estetik pencipta dan pengamatannya.

Estetika dalam kontek penciptaan menurut John Hosper merupakan bagian dari filsafat yang berkaitan dengan proses penciptaan karya yang indah

Estetika adalah ilmu yang mempelajari kualitas estetik suatu benda atau karya dan daya impuls serta pengalaman estetik pencipta maupun
penghayat terhadap benda atau karya.

Alasan kenapa harus memahami Estetika :

·       Pertama, karena karya-karya seni dan desain yang alami maupun yang buatan begitu berharga sehingga dipelajari ciri-ciri khasnya demi karya seni dan desain itu sendiri

·       Kedua, ia mesti berpendapat bahwa pengalaman estetika (pengalaman mengenai karya seni dan desain) itu begitu berharga baik untuk kelompoknya maupun masing-masing anggotanya sehingga karya seni dan desain itu mesti dipelajari

·       Ketiga, mungkin dikira bahwa pengalaman ini begitu bernilai pada dirinya sendiri sehingga membutuhkan pengujian dan penelitian mengenai kualitaskualitas karya seni dan desain itu

Kesimpulannya adalah Estetika merupakan pengetahuan yang mempelajari dan memahami melalui pengamatan hal ikhwal keindahan baik pada obyek maupun subyek atau pencipta dan pengamatan melalui proses kreatis dan fisolofis.

 

B.    Estetika dalam Industri Grafis Komunikasi

Penggabungan estetika dengan teknologi dalam industri grafis komunikasi merupakan suatu yang kompleks dan mengarah pada perkembangan penggayaan tertentu berdasarkan kebutuhan praktis.

Penggabungan estetika dengan teknologi dalam industri grafis komunikasi merupakan suatu yang kompleks dan mengarah pada perkembangan penggayaan tertentu berdasarkan kebutuhan praktis.

Ikatan Kerja sama Desainer Grafis Pada Perusahaan

·       Pemasaran

Bagian pemasaran adalah mengumpulkan data tentang selera pasar yang layak jual

·       Keuangan

Bagian Keuangan bertugas menentukan anggaran produksi

·       Produksi

Bagian Produksi merencanakan efektifitas dan efisiensi produk

·       Teknisi

Teknisi berfungsi untuk memacu produksi dan merekayasa teknologi agar dapat memproduksi lebih cepat dengan biaya lebih ringan

 

C.    Tema Fungsi Desain

·       Rasional

Media yang mengarah ke rasional yang berfokus pada praktek, fungsi, atau kebutuhan masyarakat, akan memberikan tekanan atau manfaat baginya untuk menerima berita yang diinformasikan / dikomunikasikan.

·       Humor atau jenaka

Penampilan humor atau jenaka merupakan strategi mencapai sasaran komunikasi grafis komunikasi untuk memicu perhatian terhadap yang dikomunikasikan

·       Rasa takut

Rasa takut lebih efektif digunakan untuk memperbaiki motivasi

Tujuan :

o   Mengindentifikasi konsekuensi negatif jika menggunakan produk.

o   Mengidentifikasi konsekuensi negatif terhadap perilaku yang tidak aman, misalnya minum-minuman keras, merokok, menilpon sambil nyetir mobil, merusak lingkungan, dan sebagainya

·       Patriotik

Tampilan visual patriotik (hero) kadang dihadirkan untuk menambah rasa kepercayaan masyarakat terhadap berita yang diinformasikan / dikomunikasikan.

·       Kesalahan

Tujuan media yang bersifat kesalahan ini agar audience (masyarakat) yang melihatnya/ membacanya bisa memperbaiki adegan/ berita kesalahan yang diinformasikan/dikomunikasikan

·       Kaidah

Kaidah biasanya hubungannya dengan aturan-aturan yang tidak menyinggung suku, adatistiadat, ras, dan agama (SARA). Unsur ini sangat riskhan dan harus berhati-hati, agar media grafis yang diciptakannya tidak terjadi kesalah pahaman di dalam masyarakat.

·       Simbol

Simbol adalah tanda yang mempunyai hubungan dengan obyek yang mempunyai peraturan yang sifatnya umum. Simbol merupakan jembatan menginterpetasikan (mengartikan) suatu obyek kepada orang lain sesuai dengan pengalamannya.

·       Pengandaian

Pengandaian merupakan harapan atau angan-angan ke depan sebuah tujuan. Pengandaian merupakan sebuah impian yang seakanakan menjadi kenyataan.

·       Emosional

Sebagian masyarakat tertarik pada berita yang diinformasikan/ dikomunikasikan melaui pendekatan emosional dengan perasaan si penghayat yang mengesampingkan akribut dari lembaga yang menginformasikan. Teknik emosional lebih mengena dan membuat penasaran, khususnya masyarakat yang merasa lebih maju.

D.    Karakter dan Perencanaan Desain

·       Karakter Desain diantaranya :

o   Mempunyai kecakapan teknis.

o   Mengerti akan sifat bahan

o   Mengerti akan kebutuhan orang banyak

o   Selalu ingin tahu

o   Ketajaman melihat

o   Inisiatif

o   Senang dan cakap

o   Kepercayaan

o   Kejujuran

o   Memperhatikan resiko dan mempertanggungjawabkan karyanya

o   Mengumpulkan data

o   Tekun dan mengerti maksud tujuannya.

·       Perencanaan Desain diantaranya :

o   Syarat-syarat yang ditentukan dalam penyatuan (desainer, pemasaran, dan produksi)

o   Kecocokan adanya prinsip ilmu pengetahuan dengan teknik komputer dan mesin produksi

o   Sesuai dengan lingkungan (masyarakat setempat)

o   Kecocokan sifat desain dari satu bagian dengan bagian lain

o   Kemungkinan desain dan cara pemecahannya

 

 

DAFTAR PUSTAKA 

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh enot-poloskun. Diberdayakan oleh Blogger.