Header Ads

MENEBAK NAMA HARI DARI SUATU TANGGAL PADA MICROSOFT EXCEL



            Pada kesempatan ini penulis akan mencoba memanfaatkan fungsi pada Ms. Excel untuk memunculkan nama-nama hari dari suatu tanggal. Dengan menggunakan fungsi ini kita bisa menebak hari lahir dari orang-orang sekitar kita, penulis hanya berharap nantinya fungsi ini jangan digunakan untuk hal-hal yang tidak baik.
            Dalam kenyataan kita sering ditanya kapan hari lahir kita, anak kita, saudara atau yang lainnya. Untuk bisa menebak nama hari dari tanggal yang ada kta gunakan fungsi-fungsi :

1.      Weekday ( bentuk umum “=Weekday (cell tanggal)” ).
2.      Choose ( bentuk umum “=Choose ( index_number, Value1, Value2, …)
Weekday digunakan untuk memunculkan index number dari sebuah tanggal yang berisi nilai 1 s.d 7, karena dalam 1 minggu ada 7 hari.
Choose digunakan untuk memunculkan isi dari sebuah daftar, dalam hal ini daftar yang kita buat adalah daftar hari, dimulai mulai hari Minggu s.d Sabtu, dengan perincian nilai sebagai berikut:

HARI
Nilai
Minggu
1
Senin
2
Selasa
3
Rabu
4
Kamis
5
Jum’at
6
Sabtu
7

Langkah selanjutnya kita buka Ms. Excel, kemudian tentukan cell yang berisi tanggal dan berisi nama-nama hari. Contoh gambar berikut :
Kemudian  kita tulis fungsi Weekday dan Choose pada cell yang akan dimunculkan nama-nama hari-nya, penulisan fungsi seperti di bawah ini: 

=CHOOSE(WEEKDAY(A2;"Minggu";"Senin";"Selasa";"Rabu";"Kamis";"Jum'at";"Sabtu")
            
            A2 adalah cell yang berisi tanggal.

Mudah bukan ?, silahkan dicoba semoga bermanfaat dan berhasil.

Selamat Belajar dan Berbagi
Copyright @ Mr. 2duh

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh enot-poloskun. Diberdayakan oleh Blogger.