Header Ads

SORTIR DATA BERDASAR KOLOM PADA EXCEL


            Pada kesempatan ini penulis akan berbagi masalah sortir data pada Ms. Excel, hal yang kadangkala kita anggap mudah dan jarang dipergunakan tapi ternyata pada kejadian-kejadian khusus hal-hal yang menurut kita mudah ternyata susah juga. Sebenarnya bukan susah, kalau penulis katakan hal yang belum ditemukan atau istilah jawanya kita harus mencari “ngelmu”  atau “angel nek urung ketemu” (Susah kalau belum ketemu).


            Seperti yang terjadi hari ini, teman tanya cara mengurutkan data tapi secara kolom bukan baris, kalau baris mungkin sudah biasa, tapi secara kolom, saya sendiri baru mendengar….singkat cerita setelah diotak atik lewat help-nya Ms. Excel ternyata ketemu juga. Untuk itu penulis ingin berbagi cara men-sort data secara kolom, mudah-mudahan hal ini bisa bermanfaat buat pembaca.

            Yang pertama siapkan data yang akan di sort, contoh :
Catatan: Cell pada kolom data yang akan di sort tidak boleh ada cell yang di merge

            Kemudian blok kolom yang akan di sort data-nya, kemudian klik kanan pada area yang di blok tadi, pilih Sort – pilih Custom Sort, seperti gambar berikut :

Sampai muncul window Sort, lihat gambar di bawah ini :

            Klik Options – muncul window Sort Options, lihat gambar di bawah :

            Pada Orientation kita pilih Sort left to right, kemudian pada tab Row – Sort by kita pilih baris yang digunakan sebagai acuan penyortiran. (sesuai gambar di bawah ini)

            Setelah itu pilih OK, maka data sudah tersortir sesuai baris yang di tentukan. Contoh hasilnya seperti di bawah ini :
            Selamat mencoba, semoga berhasil dan bermanfaat.

Selamat Belajar dan Berbagi
Copyright @ Mr. 2duh

           

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh enot-poloskun. Diberdayakan oleh Blogger.