Definisi dan Pembuatan Blog mengguanakan Blogger.com
Definisi dan Pembuatan Blog mengguanakan Blogger.com
- Definisi Blog
Blog (dari
kata web log) adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang
dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini
sering kali dimuat dalam urutan isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang
lebih lama, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat
diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si
pengguna blog tersebut.
Media blog
pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2003. Semenjak
itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber
terbuka yang
diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.
Blog mempunyai
fungsi yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi
dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan.
Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian
lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga blog yang memiliki fasilitas
interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom
komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar
atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang
bersifat sebaliknya (non-interaktif).
Situs-situs web
yang saling berkaitan berkat blog, atau secara total merupakan kumpulan blog
sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang
aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk
beberapa subjek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka
hal itu sering disebut sebagai badai blog (bahasa
Inggris: blogstorm).
a)
Struktur
pada Blog
Saat ini blog
memiliki tampilan dan tatanan yang sangat beragam tergantung fungsi pada blog
itu sendiri. Mulai dari blog yang memiliki beberapa sidebar, hingga blog yang
hanya memiliki satu kolom. Pada dasarnya blog memiliki struktur standar,
berikut beberapa struktur standar pada sebuah blog:
·
Header:
Biasanya terletak dibagian atas blog. Header berisi tentang judul blog,
deskripsi blog dan menu blog.
·
Navbar:
Elemen ini biasanya terletak diatas header. Fungsi dari Navbar untuk mempermudah
editor/pemilik blog dalam mengelola blog nya. Navbar biasanya tidak akan tampil
jika diakses oleh user selain pemilik blog.
·
Main
blog: Biasanya terletak di bagian tengah blog. Disinilah tempat dimana
postingan blog berada. Pada Main Blog juga terdapat struktur seperti Judul,
tanggal, nama penulis serta kolom komentar.
·
Sidebar:
Pada elemen ini biasanya terdapat Popular Post, Archive. Anda juga dapat
menambahkan widget lainya seperti kalender, jam dan widget menarik lainnya.
Letaknya bisa di kiri atau kanan sebuah blog.
·
Footer:
Terletak paling bawah blog. Biasanya terdapat informasi singkat pemilik blog,
kontak atau form subscribe untuk diisikan alamat email.
b)
Manfaat
dan Fungsi Blog
Manfaat dan
fungsi blog di bawah ini kebanyakan adalah untuk blog yang bisa dikelola oleh
individu seperti blog pribadi dan blog profesional.
·
Mengasah
Kemampuan Menulis
Menulis adalah
keahlian penting yang bisa dilakukan oleh siapa saja dan Anda bisa mengasah
kemampuan tersebut melalui blog.
Anda bebas
menulis artikel sebanyak-banyaknya sampai kemampuan menulis Anda semakin baik.
Terlebih lagi blog adalah platform yang cocok digunakan untuk tema apa saja,
dari traveling hingga parenting.
·
Media
Publikasi untuk Siapa Saja
Selesai menulis
sebuah artikel atau cerita, tentu Anda ingin banyak orang yang membacanya
bukan? Nah, blog bisa melakukan publikasi untuk Anda.
Jika mengirim
tulisan ke sebuah media, tentu akan ada seleksi dan ada kemungkinan tulisan
yang Anda kirimkan tidak terbit. Melalui blog, Anda bisa menerbitkan tulisan
atau karya Anda kapan saja.
·
Bukti
Profesionalitas
Blog juga dapat
dimanfaatkan untuk menunjukkan profesionalitas Anda di bidang tertentu.
Misalnya, Anda adalah seorang profesional di bidang marketing, Anda bisa
membuat blog yang berisi tips-tips berkaitan dengan marketing.
·
Sebagai
Sarana untuk Branding
Konten-konten
di blog Anda bisa menjadi portofolio online yang bisa diakses siapa saja,
termasuk oleh perusahaan yang akan merekrut Anda. Apalagi rekrutmen di era
digital ini tidak terbatas pada CV yang dikirimkan saja, tetapi juga pada jejak
digital yang Anda miliki.
·
Menghasilkan
Uang
Fungsi blog
terakhir adalah untuk menghasilkan uang.
Anda juga
dapat menghasilkan
uang dari blog. Terdapat berbagai cara untuk menghasilkan uang
melalui blog. Pertama, Anda bisa menggunakan Ads Google. Blog dengan trafik
kunjungan tinggi biasanya dapat dengan mudah bekerja sama dengan layanan iklan
milik Google tersebut.
Kedua, Anda
bisa mendapatkan uang dari endorsement produk. Perusahaan akan berdatangan
mengajak kerjasama endorsement dengan Anda kalau Anda adalah Key Opinion Leader
(KOL). KOL biasanya adalah seorang profesional di bidang tertentu yang mampu
menggerakkan opini pembaca.
Ketiga, semakin
banyak yang mengenal karya Anda, semakin terbuka juga peluang untuk membuka
jasa freelance. Anda dapat membuka jasa freelance sesuai dengan keahlian yang
Anda punya. Bisa desain, copywriting, ilustrasi, fotografi, atau keahlian lain
yang dibutuhkan banyak orang.
c)
Jenis-Jenis
Blog dan Contohnya
Dalam
perkembangannya, blog tidak hanya dimanfaatkan untuk kebutuhan pribadi. Blog
adalah alat yang dapat digunakan untuk berbagai macam tujuan. Bahkan blog bisa
menjadi ladang bisnis dan menghasilkan uang. Baik menghasilkan uang untuk
pribadi atau perusahaan.
·
Blog
Pribadi
Di awal
kemunculannya, blog memang dimanfaatkan untuk tujuan pribadi. Kebanyakan orang
menggunakan blog untuk menulis cerita-cerita pribadi yang bisa diakses secara
online. Blog sering juga disebut sebagai jurnal online karena memungkinkan
penggunanya untuk mencatat “buku harian” secara online.
Konten blog
pribadi biasanya sangat bebas, tidak terikat aturan tertentu. Pemilik blog
bebas menentukan konten seperti apa yang akan ditulis. Bisa mengenai cerita
liburan, pengalaman sekolah, cerita tentang keluarga, atau bahkan tentang kisah
asmaranya.
Beberapa
blogger yang bisa sukses dengan jenis blog ini adalah Raditya Dika dan Agus
Mulyadi. Raditya bahkan berhasil menerbitkan buku berdasarkan pengalaman yang
ditulis di blognya.
·
Blog
Profesional
Berbeda dengan
blog pribadi, blog profesional memiliki batasan tertentu dalam konten yang
diterbitkan. Biasanya blog profesional berisi konten-konten yang dapat
menunjukkan profesionalitas pemilik blog di suatu bidang.
Misalnya, Anda
ahli di bidang SEO dan digital marketing maka Anda bisa mengisi blog
profesional Anda dengan konten yang berkaitan dengan SEO dan digital marketing.
Anda harus membahas topik-topik yang berkaitan dengan SEO dan digital marketing
dengan detail agar pembaca benar-benar memahami yang Anda tulis.
Contoh blog
profesional yang dapat Anda jadikan referensi adalah Sugeng.id. Blog Sugeng.id
berhasil mengumpulkan banyak pengunjung dan juga dipercaya sebagai ahli di
bidang digital marketing, SEO dan pembuat template blog
keren.
·
Blog
Bisnis (Content Marketing)
Tidak hanya
digunakan untuk tujuan pribadi, blog juga dapat (bahkan perlu) dimanfaatkan
untuk mendatangkan trafik bagi website perusahaan atau toko online.
Mengapa harus
menggunakan blog? Karena blog lebih dinamis dan bisa merilis update konten
tanpa batasan. Berbeda dengan website perusahaan atau toko online yang
kontennya hanya berisi informasi produk.
Dengan
memanfaatkan blog untuk tujuan content
marketing, Anda bisa mendatangkan pengunjung melalui kata kunci yang
sering dicari oleh calon konsumen Anda.
Misalnya, Anda
memiliki toko online yang menjual tas. Anda bisa membuat konten blog yang
berkaitan dengan tas seperti tips cara merawat tas berbahan canvas atau tips
memilih tas yang paling cocok.
d)
Blogger
Blogger atau
Blogspot adalah platform blogging milik Google. Karena itu, Blogger juga bisa
diintegrasikan dengan produk Google lainnya. Misalnya, AdSense, AdWords, Google
Analytics, dll.
Biasanya, blog
yang menggunakan platform ini memiliki domain .blogspot.com. Misalnya, bloganda.blogspot.com.
Meski ramah
pengguna, tetap saja fiturnya kurang lengkap dibandingkan WordPress, seperti:
·
Tidak
memiliki plugin yang banyak;
·
Blog
Anda dan segala isinya tetap milik Blogger, Anda tidak memiliki hak penuh atas
situs Blog Anda;
·
Pilihan
template terbatas;
·
Tidak
memiliki tag untuk menandai tulisan;
·
Tidak
adanya opsi kustomisasi permalink;
·
Update user
interface dashboard yang sering bermasalah;
· Menggunakan subdomain blogspot.com memiliki cap kurang terpercaya.
2. Cara membuat Blog menggunakan Blogger.com
Untuk cara
membuat blog di Blogspot gratis, silahkan menuju blogger.com dan login
menggunakan akun Google. Jika belum memiliki akun Google (akun Gmail), silahkan
menuju tutorial ” #01 EMAIL Membuat AKUN GMAIL“ (https://youtu.be/Vq8vaURFRU0).
Setelah anda mempunyai akun gmail atau akun google.
·
Silahkan
kunjungi ” www.blogger.com ” dan kita akan
melihat halaman login seperti gambar berikut.
·
Pilih
Akun Gmail yang akan digunakan
·
Masukkan
Password Akun – klik berikutnya
·
Masukkan
Judul Blog – klik berikutnya
·
Masukkan
URL untuk blog anda – klik berikutnya
·
Masukkan
nama untuk tampilan blog anda – klik selesai
·
Tampilan
Area kerja Blogspot
·
Memulai
Postingan
·
Halaman
tempat menulis Postingan
·
Tampilan
Setelah dipublish/publikasikan
DAFTAR PUSTAKA
Ø https://www.codepolitan.com/konsep-wireframe-pada-website-5b3db818441cf di akses 25 Juli 2020
==
=================================oooOOOooo===================================
Tidak ada komentar