Header Ads

MEMBUAT FORM NILAI K13 DENGAN DESKRIPSI OTOMATIS

            Penilaian yang dilaukan dalam Kurikulum 2013 berbeda dengan kurikulum KTSP, salah satu perbedaan yang ada adalah tentang Deskripsi. Penulisan Deskripsi sebaiknya menyesuaikan kemampuan siswa dalam tiap KD yang diajarkan pada masing-masing mapel.
Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Permendikbud RI) Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan belum memuat ketentuan-ketentuan yang memadai terkait dengan karakteristik Pendidikan Menengah Kejuruan (PMK) yang spesifik. Oleh karena itu, perlu dikembangkan standar penilaian PMK.
Untuk lebih detailnya terkait Petunjuk Teknis Penilaian SMK bisa unduh disini 
Berikut ini saya akan coba berbagi cara membuat form penilaian dengan memunculkan deskripsi secara otomatis.
Hal-hal yang perlu disiapkan :
1.      Tabel Data berisi Wali Kelas

2.      Tabel Data berisi Siswa:

3.      Tabel Data berisi Mapel Tiap Jurusan (Contoh disini jurusan TGB, TKBB, TIPTL, TOI, TAV, TEI, TP, MM, KGSP, DPIB, TITL).



4.      Kemudian Sheet data awal berisi data Jurusan, wali kelas, KD dan lain-lain menggunakan fungsi pembacaan Tabel dan Fungsi Data Validation

5.      Kemudian untuk nilai dimasukkan di sheet PKS, dimana data siswa, mapel, kelas menggunakan fungsi pembacaan Tabel. Pada cell nilai di buat validasi dengan Macro



6.      Untuk Sheet Deskripsi menggunakan fungsi pembacaan tabel dan fungsi IF sehingga otomatis deskripsi akan muncul dengan sesuai perolehan KD tertinggi dan terendah saja:

7.      Untuk Sheet Nilai Sikap Spiritual dan Sosial diisi jika ada anak yang khusus (di atas sikap teman-temannya, kalau 1 kelas sikapnya sama atau rata-rata sama berarti sheets ini tidak perlu diisi)



Contoh diatas adalah File Master yang digunakan untuk menciptakan file baru yang digunakan untuk mengisi Nilai sesuai aturan K13. Untuk File dapat di unduh disini
Jika ada pertanyaan silahkan bisa hubungi kami.
Mohon maaf tidak saya bahas secara detail, karena keterbatasan waktu yang ada (hehehe sok sibuk ya..)
Nanti kalau ada waktu saya upload juga Raport versi K13-nya…
            Selamat mencoba semoga bermanfaat dan berhasil.

Selamat Belajar dan Berbagi
Copyright @ Mr. 2duh


            

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh enot-poloskun. Diberdayakan oleh Blogger.