Refleksi Keikutsertaan Didagjur Angk.2 Kelas MM-B
REFLEKSI KEIKUTSERTAAN
DIKLAT DARING GURU KEJURUAN
(DIGDAJUR)
ANGKATAN KE-2
KELAS MM-B
A. LATAR
BELAKANG
Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016
tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan dalam Rangka Peningkatan
Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia menginstruksikan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk membuat peta jalan
pengembangan SMK; menyempurnakan dan menyelaraskan kurikulum SMK dengan
kompetensi sesuai pengguna lulusan (link and match); meningkatkan jumlah dan
kompetensi bagi pendidik dan tenaga kependidikan SMK; meningkatkan kerjasama dengan
kementerian/lembaga, Pemerintah Daerah, dunia usaha dan dunia industri; meningkatkan
akses sertifikasi lulusan SMK dan akreditasi SMK; serta membentuk kelompok kerja
pengembangan SMK.
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003,
Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005, dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun
2005 mengamanatkan bahwa guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi,
sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk
mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Kualifikasi akademik minimum guru adalah
S-1/D-IV yang dibuktikan dengan ijazah sesuai dengan jenis, jenjang, dan satuan
pendidikan formal di tempat penugasan. Kompetensi guru mencakup penguasaan kompetensi
pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial yang dibuktikan dengan
sertifikat
pendidik yang diperoleh melalui
sertifikasi.
Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan
Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Otomotif dan Elektronika (PPPPTK BOE)
Malang sebagai salah satu unit pelaksana teknis pada Direktorat Jenderal Guru
dan Tenaga Kependidikan memiliki tugas dan fungsi untuk melaksanakan
pengembangan dan pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) di Indonesia.
Dalam program Revitalisasi SMK, PPPPTK menempati peran strategis khususnya
dalam meningkatkan jumlah dan kompetensi bagi pendidik dan tenaga kependidikan
SMK.
Dalam menghadapi pandemi virus corona yang
saat ini sedang melanda di beberapa negara di dunia termasuk Indonesia,
pemerintah dituntut untuk mengambil berbagai langkah dan kebijakan sebagai
upaya untuk menanggulangi dampaknya dalam berbagai aspek termasuk dalam hal
penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan. Oleh karena itu, PPPPTK BOE Malang
menginisiasi untuk menyelenggarakan diklat daring dalam upaya peningkatan kompetensi
guru kejuruan.
B. TUJUAN
Diklat ini bertujuan untuk meningkatkan
kompetensi guru SMK sesuai kompetensi keahlian khususnya pada klaster yang
didiklatkan.
C. PELAKSANAAN
Diklat Daring Guru Kejuruan (DIDAGJUR) PPPPTK
BOE MALANG Angkatan 2 dilaksanakan pada Tanggal 6 s.d. 30 Juli 2020 dengan di
bagi menjadi 4 sesi, yaitu :
1.
Sesi 1: 6-10 Juli 2020
2.
Sesi 2: 13-17 Juli 2020
3.
Sesi 3: 20-24 Juli 2020
4.
Sesi 4: 27-30 Juli 2020
D. KESIMPULAN
Setelah mengikuti diklat ini penulis
bertambah pengetahuan tentang Dasar Desain Grafis, dimana materi ini sangat
berguna untuk bekal penulisa dalam mengampu mata pelajaran Dasar Desain Grafis
di kelas X Multimedia.
Banyak pengetahuan dan keterampilan baru
yang didapatkan, diantaranya pembuatan Font dengan aplikasi Fontforge, Editing
Video dengan Video Pad, dan materi yang sangat bagus lainnya.
E. KENDALA
Pelaksanaan Diklat yang dilakukan dengan
daring juga ada kendala yang dihadapi diantaranya :
1.
Koneksi Internet yang kurang stabil di
rumah, sehingga dalam menegrjakan tugas yang membutuhkan koneksi internet
bagus, tugas harus dikerjakan di sekolahan.
2.
Pelaksanaan bersamaan dengan event sekolah
PPDB dan MPLS yang juga menunjuk penulis untuk ikut bertugas sehingga penulis
membagi waktu agar semua bisa berjalan dengan baik.
3.
Ada beberapa materi yang memang harus
menginstall aplikasi baru seperti FontForge, sedangkan aplikasi tersebut
bersifat freeware dan terdeteksi sebagai virus sehingga sering terjadi eror
dalam pengoperasiannya.
F. SARAN
Secara menyeluruh pelaksanaan sudah baik,
mungkin sedikit saran untuk pelaksanaan bisa dilaksanakan Offline / Tatap muka
gar peserta bisa fokus dengan diklat, tidak terpecah fokus dengan pekerjaan
yang ada di sekolah.
G. PENGALAMAN
TERBAIK
Selama pelaksanaan diklat 4 minggu,
penulis mendapatkan banyak pengalaman yang sangat berharga :
1.
Dari segi Sosial, penulis bisa
bersilaturahmi dengan Widya Iswara yang sangat kompeten dan sabar dalam
memberikan materi, membimbing dan memmotivasi.
2.
Dari Segi Materi, penulis sangat beruntung
mendapatkan ilmu baru yang sangat tepat untuk bahan mengampu di kelas X
Multimedia.
H. HARAPAN
Hasil yang dicapai dari kegiatan ini
adalah adanya peningkatan kompetensi penulis sesuai kompetensi keahlian
khususnya pada klaster yang didiklatkan yang dibuktikan dengan sertifikat
kelulusan diklat.
Semoga silaturahmi kelas MM-B bisa terus
berlanjut….aamiin
ALBUM KENANGAN
DIDAGJUR ANGK.2 KELAS MM-B
Widya Iswara
Panitia PPPPTK BOE Malang
Maaf ada 2 Teman saya tidak nemu Fotonya yaitu :
Pak Amir Hamzah dan Rany Subhan Rachmat)
Tidak ada komentar